Software CRM, Apa Fungsinya?

software CRM

Dalam setiap bisnis pasti muncul satu atau dua keluhan dari pelanggan. Nah, bagaimana cara manajemen keluhan ini hingga menjadi hal yang positif, baik bagi perusahaan maupun pelanggan? Untuk itulah software CRM atau Costumer Relationship Management hadir untuk menangani permasalahan tersebut.

CRM merupakan strategi yang dibuat untuk meningkatkan layanan hubungan baik terhadap customer, meningkatkan kepuasan mereka, serta menjangkau pelanggan baru guna meningkatkan keuntungan.

Dalam hal ini, mampu mendengar dan menjawab, serta memberikan solusi dari keluhan pelanggan adalah suatu kewajiban. Jika Anda mengabaikannya, bukan tidak mungkin Anda akan ditinggalkan pelanggan, dan mereka beralih ke kompetitor.

Untuk memudahkan pekerjaan dan meningkatkan efektivitas CRM, Anda bisa memanfaatkan software CRM. Software ini menjadi suatu keharusan, terutama jika bisnis Anda berskala besar. Software CRM bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan database informasi baik calon pelanggan dan pelanggan yang kemudian diintergrasikan menjadi bahan perencanaan, penjadwalan, dan aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan.

Semua gambaran lengkap interaksi antara perusahaan Anda dengan pelanggan pun bisa dimonitor secara real time. Anda pun bisa melakukan prioritas pelanggan serta melakukan kolaborasi dengan divisi/departemen lain untuk memaksimalkan peran divisi CRM di perusahaan Anda.

 

Sederet Manfaat Software CRM

Efisiensi dan efektif menjadi dua poin penting dalam setiap aktivitas bisnis, tak terkecuali pada sektor CRM. Anda pun bisa mendulang beberapa manfaat dari pengaplikasian software CRM ke dalam bisnis anda. Hal ini memberikan Anda perspektif 360 derajat tentang pelanggan. Berikut beberapa di antaranya.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Semua informasi pelanggan seperti nomer ponsel, email, hingga sosial media bisa menjadi database penting yang bisa dimanfaatkan untuk memahami kebutuhan pelanggan. Berbekal data-data tersebut, Anda bisa lebih matang dan terukur saat hendak merilis produk/layanan ataupun perencanaan jangka panjang demi meningkatkan loyalitas pelanggan.

Efektifitas Promosi

Berkat bantuan software CRM, perusahaan Anda bisa berkolaborasi dengan divisi marketing dan promosi untuk memahami kebutuhan target pasar berdasarkat riwayat interaksi dengan pelanggan. Data yang terkumpul bisa dimanfaatkan saat membuat strategi promosi yang efektif sesuai target market pelanggan.

Anda juga tak perlu khawatir akan membuang banyak biaya pemasaran, karena sudah bisa meraba pangsa pasar, tanpa harus melakukan survei market lagi. Semua bisa dianalisa dari database yang sudah terkumpul.

Integrasi Saluran Komunikasi

Semakin banyaknya channel komunikasi saat ini, terutama di sektor digital, membuat Anda harus bisa bijak dan memaksimalkannya dalam mengelola. Namun Anda tak perlu khawatir, pasalnya sofware CRM bisa mengintegrasikan semua saluran komunikasi tersebut secara terpusat.

Mendongkrak Penjualan

Keberhasilan dalam menggunakan software CRM tentu akan memberikan dampak positif terhadap lingkup bisnis Anda. Salah satu yang bisa dirasakan yaitu pelanggan yang semakin loyal dan munculnya pelanggan baru. Kedua hal ini tentu akan memberikan keuntungan yang meningkat terhadap bisnis Anda.

 

Fitur dalam Software CRM

Software CRM memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dalam rangka untuk mengoptimasi manajemen pelanggan.

Manajemen Kontak

Fitur ini membantu Anda mengelompokkan bahkan ratusan ribu kontak ke dalam grup. Seluruh kontak tersebut bisa diatur dan dilengkapi dengan informasi terkait data pelanggan, untuk dimanfaatkan guna mendukung strategi pemasaran saat memperkenalkan produk baru.

Manajemen Prospek

Dari manajemen kontak yang telah dimiliki, Anda bisa membuat prioritas pelanggan yang bisa ditindaklanjuti berdasarkan faktor demografis, finansial, psikologis, dll. Dengan cara ini, bisnis Anda dapat memiliki prospek berkualitas yang potensial.

Laporan dan Dasbor

Fitur ini memungkinkan Anda melihat visual statistik pelanggan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, fitur ini juga menawarkan pembaruan data secara real-time seperti laporan transkasi ataupun keluhan misalnya. Semua data tersebut akan disimpan dalam satu dasbor dan bisa diakses dari berbagai portal untuk memberikan kemudahan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.

Data KPI

Bagaimana mengukur dan menganalisis KPI, menjadi sebuah indikator kinerja yang sangat penting. Proses pengukuran ini juga harus disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Jangan sampai Anda malah kerepotan sibuk dengan hal yang tidak sesuai kebutuhan Anda.

Mobile Apps

Fitur penting lain dari software CRM yaitu mobile app. Dengan kompabilitas akses dari ponsel ataupun tablet, tentu akan memudahkan Anda bekerja secara efektif dan efisien kapanpun dan di manpun secara fleksibel.

Automasi Tenaga serta Kinerja Penjualan

Fitur ini merupakan salah satu yang paling penting dan banyak digunakan. Dengan mengotomatisasi seluruh proses penjualan, Anda tidak perlu lagi repot dan membuang waktu untuk melakukan entri data secara manual. Selain itu, kinerja penjualan juga dapat terpantau dengan lebih mudah.

Integrasi Email

Ketika Ada pelanggan yang menghubungi entah itu untuk komplain, bertanya, ataupun meminta bantuan, fitur ini dapat dengan mudah menarik sejarah interaksi yang pernah dilakukan dan apa saja informasi terkait mereka agar divisi CRM bisa memberi mereka pelayanan yang terbaik.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai software CRM dari Adaptiv ERP, hubungi :

jasa erp : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
software point of sales : @adaptiv.co.id