ERP Retail, Bisnis Retail jadi Mudah

ERP Retail

Tantangan pada bisnis retail memang banyak. Mulai banyaknya cabang toko, perhitungan stok, perubahan harga, diskon produk, promo, kepuasan pelanggan, dan banyak faktor lainnya. Semua ini bisa menjadi prosedur yang panjang dan rumit jika dilakukan secara manual. Apalagi jika produk Anda jumlahnya ribuan. Solusinya: ERP Retail, yang akan memudahkan semua detil pada bisnis retail.

Seperti yang kita tahu, pada bisnis retail, jika ada satu saja kesalahan yang terjadi, bisa dipastikan akan banyak kerumitan yang terjadi, karena akan berpengaruh pada proses bisnis lainnya.

Di sinilah peran sistem ERP retail yang akan membantu semua proses itu. ERP retail akan menghadirkan solusi manajemen yang cepat, sederhana, dan andal yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis dengan lebih efisien.ERP retail ini dirancang khusus untuk retailer beserta proses bisnis yang dijalankan

Mengapa ERP Retail?

Mungkin Anda berpikir, semua data terkait dengan bisnis Anda bisa dikerjakan hanya dengan software sederhana seperti Excel ataupun Google Sheets. Mungkin tidak masalah, selama bisnis retail Anda masih dalam skala kecil.

Tapi jika Anda sudah berurusan dengan database yang jumlahnya ratusan atau ribuan, tentu melakukan input data sebanyak itu secara manual akan sangat merepotkan. Belum lagi jika ada human error. Banyak waktu dan tenaga yang terbuat secara tidak efektif hanya untuk mengurusi hal tersebut.

Padahal untuk mendorong lajut pertumbuhan bisnis, Anda harus berorientasi pada detail dan kecepatan. Terlebih saat bisnis Anda tumbuh menjadi perusahaan berskala menengah ataupun besar.

Anda pun bisa mengatasinya dengan memanfaatkan sistem ERP untuk bisnis retail guna menyimpan segala informasi ke modul ERP dan mengintegrasinya dalam satu platform saja.

Anda Butuh ERP Retail, Jika…

Proses Rumit

Salah satu aktivitas retailer yang tidak efisien yaitu pemakaian faktur penjualan konvensional berupa kertas dan tidak terintegrasi dengan divisi lain. Saat terintegarsi dalam ERP Retail, Anda bisa meningkatkan produktivitas dan akurasi terkait hal ini. Begitu pula dengan pelaporan keuangan, Anda tidak perlu lagi menggunakan banyak spreadsheet hanya untuk melihat semua data keuangan. Sistem ERP dapat mengoperasikan hitungan dalam hitungan detik, dibanding Anda harus membuang waktu berjam-jam untuk melakukan perhitungan.

Menggunakan Banyak Software

Salah satu keuntungan ERP untuk bisnis retail yaitu Anda cukup memakai satu software saja untuk semua tugas. Hal ini tentu akan merombak kebiasaan karyawan Anda yang harus memakai software berbeda untuk tracking barang, melacak pengiriman, mencatat dan memproses informasi. Yang akan jadi kendala yaitu ketika harus melakukan sinkronisasi, tapi ternyata data yang muncul tidak akurat.

Dengan sistem ERP, Anda bisa menikmati manfaat dari berbagai proses seperti manajemen persediaan, ringkasan penjualan, penggajian karyawan, hingga sistem pengiriman barang. ERP akan menggabungkan semua data tersebut dalam satu database dan memberikan informasi yang akurat dan real-time yang bisa diakses kapan saja.

Sulit Mengakses Data

Saat Anda ingin mengetahui profit bisnis dari bulan ke bulan, kira-kira berapa lama waktu yang dibutuhkan karyawan Anda untuk mendapatkan data tersebut? Jika menggunakan cara manual, pasti butuh waktu lama dan rumit, karena karyawan Anda harus mengakses data tiap bulan dan melakukan perhitungan. Semua proses ini bisa diperingkas dengan sistem ERP, yang membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Keuntungan Implementasi ERP Bisnis Retail

Informasi Akurat

Data Informasi dari berbagai divisi akan dikumpulkan dari berbagai subdivisi, mulai inventaris, penjualan, pembelian, dan retur, keluhan, hingga proses pengiriman barang. Informasi yang tersaji pada sistem ERP retail ini bersifat real-time, akurat, dan relevan yang memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan bisnis yang cepat dan tepat.

Manajemen Inventaris

Dalam bisnis retail, keakuratan data inventaris sangatlah penting. Anda pun wajib menyimpan persediaan yang cukup untuk memenuhi pesanan tapi jangan sampai overstocking. Sistem ERP retail akan membantu menyimpan semua informasi secara rinci dari setiap stok item produk, mulai apa saja yang disimpan dan mana yang perlu diisi ulang.

Otomatisasi

Sistem POS pada ERP retail akan secara otomatis mencatat detail transaksi penjualan. Hal ini akan menghilangkan kerumitan dan kesalahan human error yang sering muncul jika dilakukan secara manual. Sistem ERP retail bisa diintergrasikan dengan perangkat POS Anda sehingga membuat transaksi penjualan lebih cepat dan lebih mudah.

Manajemen Customer

Kepuasan pelanggan adalah hal terpenting dalam semua lini bisnis, tak terkecuali bisnis retail. Dengan sistem ERP retail, Anda bisa mengumpulkan semua informasi seputar pelanggan, mulai riwayat pembelian, prilaku mereka, dan demografi pelanggan. Data ini tentu akan sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan analisis sebelum meluncurkan produk baru ataupun promosi.

Kemudahan Manajemen Harga

Untuk bisa bersaing dengan kompetior, terkadang Anda akan meluncurkan promosi, bisa berupa potongan harga, pake bundling, ataupun bentuk promosi yang lain. Penyesuaian ini tentu akan sangat merepotkan jika harus dilakukan secara manual. Apalagi jika promosi yang dilakukan umumnya bersifat temporary dan dinamis.

Kesulitan ini bisa diatasi dengan ERP Retail yang dapat mengotomatiskan proses pencatatan harga produk beserta diskon yang ingin disajikan kepada pelanggan, sehingga prosesnya bisa menjadi sederhana dan mudah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai software ERP Retail dari Adaptiv ERP, hubungi :

jasa erp : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
software point of sales : @adaptiv.co.id