CRM dan ERP, Bisakah Diintegrasikan?

software crm

Mengetahui perbedaan CRM dan ERP selalu menjadi topik yang seru untuk dibahas. Nah, kali ini akan kita coba kupas hubungan antara keduanya. Sebelumnya perlu Anda ketahui, ERP merupakan inti dari sistem yang bertugas mengintegrasikan semua proses bisnis. Sementara CRM adalah sistem yang mengelola data dan interaksi pelanggan.

Software CRM digunakan untuk mengelola, mengotomatisasi, serta mensinkronisasi sales, marketing, dan customer service pada bisnis proses sebuah perusahaan. Fungsi utamanya memperbaiki customer experience dengan meningkatkan loyalitas pelanggan agar bisa mendongkrak customer retention, dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Meski berbeda, namun kedua sistem ini saling terintegrasi, sehingga data dari CRM dapat digunakan dalam ERP untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Salah satu manfaat menghubungkan kedua sistem ini yaitu bisa membantu meningkatkan komunikasi antar departemen.

Lebih lanjut, dengan terciptannya komunikasi yang baik dari antar departemen, maka perusahaan bisa tetap kompetitif menghadapi persaingan dengan kompetitor. Menariknya, saat ini banyak solusi ERP yang menawarkan fungsi CRM di dalamnya. Namun, tentu fitur yang berkaitan dengan interaksi pelanggan tidak selengkap seperti pada software CRM.

Pilih Mana?

Memilih sistem CRM atau ERP bergantung pada seberapa perlu manajemen prospek dan sales tracking pada perusahaan. ERP tepat untuk merampingkan berbagai proses yang berbeda. Sementara CRM cocok untuk memaksimalkan kedekatan dengan pelanggan.

Terdapat 3 faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih software mana yang cocok untuk bisnis Anda yaitu kebutuhan bisnis, investasi, dan skala bisnis. Sistem CRM biasanya lebih murah dibandingkan ERP karena memang lebih simpel.

Selain itu, aplikasi CRM memberikan banyak manfaat bagi bisnis kecil-menengah yang masih bertumbuh untuk mendorong jumlah penjualan. Sedangkan ERP lebih tepat digunakan bagi perusahaan besar dan kompleks untuk memotong biaya dan mengefisienkan sistem.

Mungkinkah Diintegrasikan?

Karena kedua sistem ini memiliki banyak perbedaan, banyak perusahaan yang berencana mengintegrasi keduanya agar dapat memiliki satu sistem yang bisa saling melengkapi. Apakah hal ini memungkinkan? Jawabannya: Sangat mungkin!

Tujuan dari integrasi ini yaitu memastikan seluruh data perusahaan tersimpan dan didistribusikan melalui satu sistem yang canggih.Selain itu, mengintegrasikan ERP dan CRM juga menawarkan berbagai manfaat lainnya untuk perusahaan, seperti :

  • Mengetahui kebutuhan customer dengan lebih baik.
  • Proses bisnis lebih efisien dan hemat biaya setelah kedua sistem diintegrasikan.
  • Mengurangi risiko data breaching.
  • Mendukung kolaborasi antara departemen dengan sistem yang canggih.
  • Meningkatkan angka kepuasan pelanggan karena adanya sentralisasi data keluhan.

Dengan menginterasikan CRM dan ERP, diharapkan kegiatan hubungan pelanggan yang dilakukan oleh perusahaan dapat dilakukan dengan lebih maksimal. Alih-alih hanya menciptakan experience yang lebih baik kepada pelanggan, pengintegrasian antara keduanya juga akan menumbuhkan loyalitas pelanggan kepada produk atau perusahaan kita.

Untuk diskusi dan penjelasan detilnya, hubungi :

CRM : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
software point of sales : @adaptiv.co.id
 : PT Adaptiv Solusi Informatika