Jika Anda bergerak di bidang profesional marketing, maka pastilah sangat akrab dengan penggunaan software marketing automation. Software ini banyak digunakan karena sangat efektif untuk memaksimalkan pergerakan marketing Anda dengan menggunakan teknologi digital.
Software marketing automation sendiri merupakan salah satu komponen dalam modul customer relationship management. Lewat penggunaannya, tim marekting bisa lebih tajam dalam menargetkan pelanggan dengan memakai pesan otomatis via website, email, ataupun media sosial.
Apa yang Anda dapatkan dengan menggunakan software marketing automation? Tentu saja bisa menghemat waktu dan tenaga dan percepatan menikmati peningkatan pendapatan dan (return of investment) ROI serta lebih fokus mengembangkan bisnis.
Cara kerja software marketing automation ini akan membantu mengumpulkan berbagai data dari email marketing, media sosial, dan juga website. Semua data tersebut akan digunakan untuk memudahkan proses segmentasi dan menemukan pelanggan yang tepat sesuai dengan karakter bisnis Anda. Software marketing automation umumnya memiliki fitur otomatisasi pada media sosial, email, iklan digital, direct message, dan masih banyak lagi.
Selain itu, software ini juga menghadirkan database pemasaran terkait semua informasi dan interaksi pemasaran yang terkait dengan bisnis Anda. Sehingga Anda pun bisa menciptakan pengalaman pemasaran yang lebih personal untuk klien, tersegmentasi, dan tepat prospek.
Untuk jenis bisnis B2B, software ini bisa dipakai untuk mengedukasi calon pelanggan dan mengelola database pelanggan serta menganalisis data. Sedangkan pada bisnis B2C, biasanya untuk memberikan welcome email, reminder, ucapan ulang tahun atau anniversary, feedback dan review, launching produk, atau newsletter ke customer.
Beberapa komponen utama yang terdapat pada software marketing automation antara lain basis data pemasaran pusat, mesin engagement pemasaran, analysis, dan MarTech. Dengan menggabungkan semua modul ini, maka tim marketing bisa bekerja lebih efektif untuk meningkatkan keuntungan penjualan.
Manfaat Marketing Automation
Penasaran apa saja manfaat yang bisa Anda nikmati ? Berikut beberapa di antaranya.
Mengurangi pengulangan tugas
Dalam alur kerja marketing konvensional, salah satu permasalahan yaitu seringnya terjadi pengulangan tugas yang tidak perlu dan sia-sia. Dengan memanfaatkan software ini, tim marketing bisa menghemat waktu dan uang serta dapat fokus pada tugas penting lainnya.
Personalisasi
Berbagai data pelanggan yang dimiliki perusahaan bisa diolah lebih dalam dan dimanfaatkan untuk kepentingan tim marketing. Nantinya mereka akan membuat strategi marketing yang dapat membuat customer merasa lebih dekat, berharga, dan meningkatkan interaksi antara dua arah antara perusahaan Anda dan pelanggan.
Loyal Customer
Saat mampu membuat pelanggan tetap terhubung dengan materi promosi yang diluncurkan oleh tim marketing, maka secara tidak langsung akan meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan Anda. Dan ini sangat penting untuk menjaga kestabilan transaksi yang terjadi di perusahaan.
Segmentasi
Ketika tim marketing membuat sebuah konten promosi, mereka akan lebih mudah mengelompokkan konten yang relevan pada pelanggan yang tepat. Sehingga nantinya ketika materi promosi tersebut diluncurkan, target goals akan lebih efektif
Leads Generator
Sering bingung atau lelah mencoba menjalankan strategi marketing lewat berbagai channel promosi? Kini kerja Anda akan semakin mudah dan efisien jika menggunakan software marketing automation. Anda bisa melakukan proses promosi di berbagai channel penjualan sehingga bisa menjaring banyak calon pelanggan dan mendapatkan angka penjualan yang lebih tinggi.
Untuk konsultasi dan detil mengenai penerapan Software Marketing Automation, hubungi :
: https://adaptiv.co.id
: info@adaptiv.co.id
: 0813-3252-9696
: @adaptiv.co.id
: PT Adaptiv Solusi Informatika