Software Hospitality untuk Tingkatkan Customer Experience

software hospitality

Bagi pebisnis yang bergerak di bidang hospitality, tentu kepuasan pengunjung menjadi parameter utama untuk menjaga kestabilan bisnis. Untuk memastikan hal tersebut, software hospitality banyak digunakan, dan bahkan jadi “andalan”.

Salah satu fungsi utama dari software hospitality adalah mampu mencatat semua transaksi tamu yang datang. Untuk apa? Agar perusahaan dapat melakukan pemasaran tingkat lanjut dengan menjangkau prospek layanan lain yang lebih luas. Hal ini terjadi berkat kemampuan software ini dalam mengumpulkan data, otomatisasi sistem, segmentasi, personalisasi pemasaran dan lainnya.

Dengan cara ini, ketika ada tamu datang, Anda bisa memberikan pelayanan yang prima dan sempurna yang menjadi dasar untuk memberikan kepuasan pelanggan dengan layanan ala bintang lima.

Aplikasi ini membantu mengelola perjalanan pelanggan sejak tamu mengunjungi situs web Anda, menghubungi tim Anda, menikmati masa inap mereka, hingga check out. Goal akhirnya, perusahaan dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi agar pelanggan merasa puas dan selalu merasa istimewa

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan yang bisa dinikmati ketika menggunakan software hospitality pada bisnis Anda.

Meningkatkan Loyalitas Pengunjung

Salah satu keuntungan paling umum yaitu tentu saja dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Anda bisa membuat profil setiap tamu dengan detail informasi yang lebih lengkap dan spesifik.

Contohnya yaitu bisa diawali dari preferensi, demografi, asal pelanggan, lokasi yang dikunjungi dan sebagainya. Dengan software hospitality, Anda bisa menyesuaikan kualitas pelayanan berdasarkan data yang didapat tadi untuk menghadirkan layanan yang lebih personal.

Memaksimalkan Marketing

Keuntungan berikutnya yaitu memaksimalkan marketing dengan efektif. Data dari pembelanjaan setiap tamu bisa Anda manfaatkan menjadi strategi marketing yang berbasis internet. Data ini bisa dipadukan dengan data analisa pemesanan kamar di periode sebelumnya, dan tentu saja dengan menyesuaikan rekomendasi harga spesial yang bisa menarik minat pelanggan.

Cara ini jauh lebih efektif ketimbang Anda harus melakukan promosi lewat newsletter. Selain strategi marekting yang digunakan lebih spesifik, juga bisa dipersonalisasi dengan menggunakan software hospitality tadi.

Lebih Memahami Pelanggan

Setiap pelanggan pastilah merupakan individu yang berbeda. Dengan software hospitality ini, Anda bisa memahami ketertarikan setiap pelanggan dengan sangat mudah. Software ini bisa merekam semua data tamu, seperti apa yang dikonsumsi mereka saat berkunjung, hingga mencatat daftar belanja mereka.

Itulah sebabnya Anda bisa menentukan seberapa besar potensi tamu dan jika transaksinya semakin tinggi, maka tamu tersebut akan semakin berharga. Data yang diperoleh lewat software hospitality ini bisa dengan sangat mudah membantu Anda melebarkan pencarian berdasarkan kategori tamu tersebut.

Database Terpusat

Software hospitality akan secara otomatis mengumpulkan semua data dan informasi pelanggan dalam satu platform. Termasuk data dari beberapa channel bisnis lain yang Anda miliki di berbagai lokasi. Data-data tersebut nantinya akan mudah diakses dan bisa dimanfaatkan untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dan personal dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas mereka.

Fitur yang Dimiliki Software Hospitality

Software hospitality ini memiliki berbagai fitur yang akan sangat berguna divisi terkait seperti resepsionis, promosi, dan marketing untuk mengelola pekerjaan mereka. Manfaat penggunaan program ini dimulai dari ketika tamu melihat promo, pemesanan, check in, selama berkunjung, hingga check out. Untuk itu, software ini dilengkapi oleh beberapa antar lain:

Modul Sistem Manajemen: Modul ini membantu mengelola reservasi secara cepat dan memantau pelayanan yang diterima oleh setiap tamu agar mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama berkunjung.

Modul Sistem Kitchen: Bagi hotel ataupun restaurant, mereka bisa memanfaatkan modul ini untuk mengelola restaurant dan makanan di seluruh cabangnya secara terpusat dan sistematis.

POS F&B: Modul ini akan membantu memudahkan pengelolaan pembayaran, pesanan, dan tempat duduk tamu dengan mudah.

POS Ritel: Kegunaan dari modul ini yaitu mencatat semua transaksi yang terjadi di gift shop hotel dan mendapatkan status inventaris yang ada, baik yang ada di store maupun yang terjual, serta laporan penjualan secara akurat dan cepat.

Back Office: Fitur yang terdapat dalam modul ini cukup lengkap dan sangat berguna untuk mendapatkan laporan yang detail mengenai berbagai kondisi yang terjadi pada bisnis Anda. Beberapa fitur tersebut antara lain seperti laporan pengelolaan piutang dan hutang, okupansi, monthly forecasting, revenue per-available, hingga laporan kas & bank.

Untuk konsultasi dan detil mengenai software hospitality, hubungi :

CRM : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
management inventory : @adaptiv.co.id
konsultan erp surabaya : PT Adaptiv Solusi Informatika