Software Akuntansi atau ERP, Harus Pilih Mana?

software akuntansi

Karena memiliki sejumlah persamaan, banyak yang sulit membedakan antara software akuntasi dengan sistem Enterprise Resource Planning (ERP). Sekilas, bagi yang membutuhkan sistem  keuangan, keduanya memiliki fungsi yang mirip. Namun pada dasarnya baik ERP dan software akuntansi punya perbedaan signifikan.

Sistem ERP ini fungsinya lebih berperan pada perencanaan, analisis sumber daya, manajemen pembelian, penjualan, akuntansi, inventaris, hingga pengelolaan sumber daya manusia. Jadi, bisa disimpulkan ERP ini terdiri dari banyak aplikasi program yang terintegrasi dan multi modul.

Kelebihannya, ia dirancang untuk mendukung berbagai fungsi operasional dalam perusahaan agar semua kegiatan operasional bisa lebih sederhana dan efisien, pengguna pun bisa memberikan pelayanan yang lebih maksimal kepada kliennya.

Sementara software akuntansi hanya dirancang khusus untuk pekerjaan akuntan dalam pencatatan transaksi bisnis yang sebelumnya dikerjakan manual. Transaksi bisnis yang dimaksud bisa mulai pembelian, penjualan, penggajian, buku besar, dan berbagai kegiatan pencatatan akutansi lainnya.

Sebelum memutuskan akan memakai software mana, Anda perlu paham kebutuhannya terlebih dahulu. Jika hanya perlu otomasi akuntansi saja, sebaiknya memakai software akuntansi. Namun, jika ingin mengotomatiskan semua kegiatan operasional dan ingin menghubungkan satu divisi dengan yang lain, sistem ERP jadi opsi terbaik. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mulai melakukan analisa dengan parameter berikut ini:

Banyaknya Sistem yang Dikelola

Jika akan membeli software akuntansi, apakah Anda yakin akan menggunakan software terpisah untuk mengelola prospek, pelanggan, pembelian, dan memakai software yang berbeda untuk mengelola stok, pengiriman, dan lain-lain?

Lalu, pertimbangkan pula banyaknya sistem terpisah yang perlu dikontrol. Salah satu masalah terbesar jika memakai terlalu banyak software berbeda yaitu, akan merepotkan pada akhirnya, baik untuk maintenance, komplain, pembelian, dan integrasi, hingga pembuatan laporan akhir.

Lain halnya jika Anda menggunakan ERP. Dengan sistem ini, setiap divisi dapat saling mengintegrasikan semua data pada satu basis data yang dapat diakses semua orang dengan cepat dan real time. Kemungkinan human error seperti kesalahan penulisan data, duplikasi data, dan data error lainnya pun dapat lebih diminimalkan.

Rencana Pertumbuhan Bisnis

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar lagi, maka ada baiknya mulai beralih memakai software ERP. Saat skala bisnis Anda masih kecil, mungkin Anda merasa cukup memakai software akuntansi saja. Tapi seiring berkembangnya bisnis Anda, mungkin satu atau dua tahun berikutnya Anda akan mulai kerepotan dengan banyaknya data yang harus diolah.

Dan secara tidak sadar, Anda akan merugi karena sebelumnya harus berinvestasi dana cukup besar untuk berlangganan software akuntansi. Padahal, biaya tersebut bisa dialokasikan untuk berlangganan sistem ERP, yang membuat semua lebih mudah. Anda pun tidak akan kerepotan untuk melakukan migrasi data jika sebelumnya telah mulai menggunakan sistem ERP.

Jumlah User

Sistem ERP ini sebenarnya dirancang untuk digunakan pada perusahaan yang lebih besar dengan jumlah karyawan yang banyak. Karenanya tak heran jika ERP dapat digunakan oleh banyak users, mulai ratusan hingga ribuan orang sekaligus. Dan hebatnya meskipun usernya besar, tapi tidak akan menimbulkan masalah dalam performance software.

Hal yang berbeda justru akan Anda rasakan pada saat memakai software akuntansi. Ia biasanya hanya bisa digunakan untuk perusahaan dengan jumlah users lebih sedikit, karena batasan fungsinya dan adanya limitasi penggunanya.

Fitur dan Fleksibilitas

Karena ERP menjadi solusi yang menyeluruh pada seluruh fungsionalitas perusahaan, maka tidak mengherankan jika ERP hadir dengan beragam fitur menarik. Berbeda halnya dengan software akuntansi yang hanya memiliki fungsi sebatas kemampuan akuntansi saja.

Selain itu dari segi fleksibilitas, ERP sangat fleksibel. Anda bisa request ke vendor ERP untuk melakukan kostumisasi fitur sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan Anda. Misalnya saja data pemasukan pada transaksi penjualan yang bisa diatur ke akun yang berbeda-beda.

Detil penerapan ERP, hubungi :

implementasi sistem erp : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
software point of sales : @adaptiv.co.id
: PT Adaptiv Solusi Informatika