ERP untuk UMKM, Ini Manfaatnya

ERP untuk UMKM

Sektor UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Dilansir dari Data Kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia 2019: Badan Pusat Statistik (BPS), Statistik Indonesia 2020, pada tahun 2019, kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai sekitar 60,3 persen atau sekitar Rp 7.800 triliun. Di sisi lain, ada banyak tantangan yang harus dihadapi para pelaku UMKM. Tantangan ini muncul dari makin ketatnya persaingan secara global serta kompleksitas proses dalam bisnis mereka. Beruntung, banyak teknologi digital yang juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM, yakni ERP untuk UMKM.

Enterprise Resource Planning (ERP) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mengintegrasikan fungsional utama dari proses bisnis perusahaan ke dalam satu sistem yang terpadu dengan menyederhanakan dan mengintegrasikan proses bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi, dan departemen lainnya.

Pada awal kehadirannya, ERP memang identik dengan pemanfaatan oleh perusahaan atau industri berskala besar, namun makin ke sini, ERP hadir dalam format yang lebih simpel, jenis yang makin beragam, dan dapat dipilah-pilah menurut modul atau fitur, sesuai dengan kebutuhan perusahaan, termasuk UMKM.

Software ERP untuk UMKM hadir dengan fiturnya yang sederhana, sesuai dengan kebutuhan bisnis UKM. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti database pegawai, pemasok dan pelanggan, database persediaan barang, penjualan dan pembelian, jurnal umum, dan kas & bank, buku besar serta laporan keuangan.

 

ERP untuk UMKM

Salah satu anggapan yang kerap muncul bagi perusahaan terkait dengan sistem ERP adalah biaya implementasi yang mahal. Sehingga banyak yang lebih memilih bertahan dengan cara konvensional

Padahal, sistem ERP kini juga banyak ditawarkan secara custom, yakni dengan modul-modul atau fitur-fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga biayanya juga menjadi lebih terjangkau. Selain itu, jika dihitung dengan jangka waktu pemanfaatannya, sistem ERP sangatlah layak untuk digunakan karena waktu pemanfaatannya yang sangat panjang dan sangat berguna bagi proses bisnis perusahaan.

Beberapa fitur atau modul ERP yang dapat digunakan pada perusahaan UMKM, antara lain :

  • Pencatatan database pegawai, pemasok, dan pelanggan.
  • Pencatatan database persediaan barang dagang dan inventaris.
  • Penjualan dan pembelian.
  • Jurnal Umum dan Kas & Bank
  • Buku Besar dan Laporan Keuangan
  • Password pengamanan database

 Keuntungan Memakai ERP untuk UMKM

Implementasi ERP tentunya akan mendongkrak kemajuan usaha UMKM. Selain memudahkan kontrol semua kegiatan bisnis, ERP juga bisa memperkecil kesalahan input data yang sering terjadi. Secara terperinci berikut beberapa manfaat yang didapatkan UMKM dalam menggunakan ERP.

Monitoring Laporan Penjualan dan Stok

Penggunaan sistem ERP akan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM, baik skala mikro atau kecil menengah untuk membuat serta mengontrol laporan penjualan dan stok barang secara real-time. Dengan fitur ini barang keluar dan masuk bisa jadi lebih terpantau serta terkelola. Fitur ini akan sangat bermanfaat terutama untuk bisnis retail (Baca manfaat ERP untuk bisnis retail di sini).

Aktual dan Valid

Dengan menggunakan ERP berarti Anda telah selangkah lebih maju untuk mengurangi terjadinya kesalahan-kesalahan human error akibat pemakaian sistem yang masih manual. Efek yang bisa dirasakan yaitu, Anda bisa lebih fokus terhadap peningkatan efisiensi dan penjualan agar membantu perkembangan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa memantau segala jenis laporan secara online cukup lewat ponsel. Ini karena ERP didesain agar bisa diakses secara real-time oleh pengguna dengan koneksi internet lewat berbagai device, mulai ponsel, tablet, ataupun laptop.

Efisiensi Biaya Operasional

Proses yang mudah menjadikan ERP berperan penting untuk pengurangan biaya operasional. Jika sebelumnya aktivitas pekerjaan yang kompleks butuh tenaga kerja yang banyak, sekarang lebih mudah dan efisien menggunakan software ERP.

Contohnya, UMKM bisa mengecek stok persediaan barang secara mudah dan real-time melalui aplikasi stok barang. Anda pun tidak perlu membuang waktu dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengecek secara manual.

Implementasi Singkat

Dikarenakan platform ERP untuk UMKM ini sudah terkoneksi dengan sejumlah fitur lain yang terkait dalam operasional, maka implementasi sistem ERP pun pada akhirnya tidak memerlukan waktu yang lama. Nantinya, data akan otomatis terupdate jika Anda memasukkan data kedalam platform ERP.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai software ERP untuk UMKM dari Adaptiv ERP, hubungi :

jasa erp : https://adaptiv.co.id
📧 : info@adaptiv.co.id
HRIS HRD : 0813-3252-9696
software point of sales : @adaptiv.co.id